Pemilihan Metode Mengajar
A. Hakikat dan Faktor- Faktor dalam Pemilihan Metode Mengajar
1. Hakikat Metode Mengajar Dalam Pembelajaran
Anitah Sry ( 2007 : 5.4 ) Metode mengajar merupakan salah satu komponen yang harus digunakan dalam kegiatan pembelajaran karena untuk mencapai tujuan pembelajaran maupun dalam upaya membentuk kemampuan siswa diperlukan adanya suatu metode atau cara yang efektif. Penggunaaan metode mengajar harus dapat menciptakan terjadinya interaksi antara siswa dengan siswa maupun ntara siswa dengan guru sehingga proses pembelajaran dapat dilakukan secara maksimal.
Dapat ditarik kesimpulan yaitu Metode mengajar dalam pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran karena untuk lancaranya tujuan pembelajaran, seorang guru harus mengutamakan melakukan tindakan dengan caranya membelajarkan siswa supaya efektif dalam proses pembelajaran.
2. Faktor- Faktor yang Perlu Diperhatikan Dalam Pemilihan Metode Mengajar
Yaitu faktor tujuan pembelajaran, Karakteristik bahan Pelajaran, Waktu yang digunakan, faktor siswa dam media dan sumber belajar.
B. Jenis-Jenis Metode Mengajar
- Metode ceramah merupakan suatu cara penyajian bahan atau penyampaian bahan pelajaran secara lisan dari guru.
- Metode Diskusi ini sering diguanakan dalam pembelajaran kelompok atau kerja yang didalamanya melibatkan beberapa orang siswa untuk menyelesaikan pekerjaan atau tugas permasalahan.
- Metode Simulasi merupakan metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran kelompok.
- Metode Demonstrasi adalah metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukkan kepada siswa tentang suatu proses, situasi. ( Sanjaya wina 2006 : 152 ).
- Metode Eksperiment merupakan metode mengajar yang dalam pembahasan materinya melalui percobaan atau mencobakan sesuatu serta mengamati secara proses. eksperimen dimaksudkan bahwa guru dan siswa mencaoba mengerjakan sesuatu serta mengamati proses dan hasil pekerjaannya. Setelah eksperimen selesai siswa ditugaskan untuk membandingkan dengan hasil eksperimen yang lain, mendiskusikan bila ada perbedaan dan kekeliruan.
- Metode Pemecahan Masalah merupakan salah satu cara yang harus banyak digunakan dalam pembelajaramn karena metode pemecahan masalah merupakan metode mengajar yang banyak mengembangkan kemampuan berfikir tingkat tinggi.
C. Hubungan Pengalaman Belajar dengan Metode Menggajar
Pertama- tama dalam mengidentifikasikan hubungan pengalaman belajar dengan metode mengakar kita perlu mengingat kembali beberapa hakikat belajar itu sendiri.
- Belajar pada hakikatnya merupakan suatu proses atau aktivitas siswa dikatakan belajar kalau terdapat aktivitas pada dirinya, baik secara fisik, mental, maupun perasaan.
- Hasil belajar yang diharapkan berupa perubahan-perubahan perilaku siswa, baik aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan.
- Pengalaman yang terjadi dalam belajar ditekankan pada interaksi antara siswa dengan lingkungannya, baik lingkungan fisik atau alam maupun lingkunan sosial.
Jadi dapat ditarik kesimpulan hubungan pengalaman belajar denagan metode mengajar yaitu suatu proses siswa dikatakan belajar kalau ada aktifitas pada diri anak tersebut baik secara fisik, mental dan perasaannya dan berupa pengetahuan dan keterampilan yang ada didalam diri siswa tersebut. Proses perubahan tersebut terjadi karena adanya interaksi antar siswa denagn lingkungan sehingga akan membentuk pengalaman belajar.
Daftar Rujukan
Sry Anitah . 2007. Strategi Pembelajaran di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Gruop.
Menurut anda seberapa penting metode mengajar perlu digunakan dalam pembelajaran?
BalasHapusMetode mengajar tidak hanya sekedar penting, namun merupakan suatu keharusan yang mana untuk mencapai tujuan pembelajaran maupun untuk membentuk kemampuan siswa yang di didik.
Hapus