MENGAPLIKASIKAN KEGIATAN REMEDIAL DAN KEGIATAN PENGAYAAN
Ketika guru berada didepan kelas ,satu kenyataan terpampang didepan mata bahwa siswa yang dihadapi berbeda satu sama lain.Hal ini terlihat jelas pada saat guru mengelola hasil evaluasi.Dari hasil evaluasi,guru mengetahui adanya siswa yanag telah mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan dan ada siswa yang belum mencapai tujuan tersebut.Disamping itu guru juga menemukan siswa yang belum menguasi kompetensi yang ditetapkan dan menemukan siswa yang telah mencapai kompetensi yang ditetapkan.
Kegiatan Renedial
A.Hakikat,Tujuan dan Fungsi Kegiatan Remedial
1.Hakikat Kegiatan Remedial
Kegiatan remedial adalah kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai materi pelajaran.
2.Tujuan dan Fungsi Kegiatan Remedial
Tujuan
Secara umum,tujuan kegiatan remedial adalah sama dengan pembelajaran biasa,yaitu membantu siswa mencapai kompetensi atau tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan berdasarkan kurikulum yang berlaku.Secara khusus kegiatan remedial bertujuan untuk membantu siswa yang belum menguasai materi pelajaran melalui kegiatan pembelajaran tambahan.
Fungsi
Korektif : Memperbaiki cara mengajar dan cara belajar
Pemahaman : Memahami kelebihan/kelemahan guru dan siswa
Penyesuain : Menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik siswa
Pengayaan : Menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi
Akselerasi : Mempercepat penguasaan materi
Terapeutik : Membantu mengatasi masalah sosial-pribadi
B.Pendekatan dalam Kegiatan Remedial
1.Pendekatan yang Bersifat Preventif
Kegitatan remedial dipandang bersifat preventif apabila kegiatan remedial dilaksanakan untuk membantu siswa yang diduga akan mengalami kesulitan dalam mengalami kompetensi yang telah ditetapkan.Kegiatan remedial yang bersifat preventif ini dilaksanakan sebelum kegiatan pembelajaran biasa dilaksanakan.
2.Pendekatan yang Bersifat Kuratif
Kegiatan remedial dipandang bersifat kuratif apabila pelaksanaan kegiatan remedial ditujukan untuk membantu mengatasi kesulitan siswa setelah siswa mengikuti pembelajaran biasa.Kegiatan remedial yang bersifat kuratif dilaksanakan karena berdasarkan hasil evaluasi pada kegiatan pembelajaran biasa diketahui bahwa siswa belum mencapai criteria keberhasilan atau kompetensi minial yang ditetapkan.
3.Pendekatan yang Bersifat Pengembangan
Kegiatan remedial dipandang bersifat pengembangan apabila kegiatan remdial dilaksanakan selama berlangsungnya kegiatan pembeljatan biasa.Melalui kegiatan remedial yang bersifat pengembangan guru mengharapkan agar siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai kompetensi yang ditetapkan secara bertahap da segera dapat mengatasi kesulitan yang dihadapnya.
C.Jenis-jenis Kegiatan Remedial
Mengajarkan kembali
Menggunakan alat peraga
Kegiatan kelompok
Tutorial
Sumber belajar yang relevan
D.Prosedur Kegiatan Remedial
Analisis hasil diagnosa
Menemukan penyebab kesulitan
Menyusun rencana kegiatan remedial
Melaksanakan kegiatan remedial
Menilai kegiatan remedial
Kegiatan Pengayaan
A.Hakikat Kegiatan Pengayaaan
Kegiatan pengayaan adalah kegiatan yang diberikan kepada siswa kelompok cepat dalam memanfaatkan kelebihan waktu yang dimiliknya sehingga mereka memiliki pengetahuan yang lebih kaya dan keterampilan yang lebih baik.
B.Jenis Kegiatan Pengayaan
1.Tutor Sebaya
Membantu siswa memahami materi pelajaran dapat merupakan kegiatan penambahan wawasan pengetahuan siswa.Ketika siswa diminta untuk menjelaskan konsep atau idekepada teman sekelasnya,mereka akan berusaha mencari cara yang terbaik sehingga temannya dapat memahami penjelasannya.
2.Megembangkan Ltihan
Siswa kelompok cepat dapat juga diminta untuk mengembangkan latihan praktis yang dilaksanakan oleh temannya yang lambat sehingga mereka akan mudah memahami materi peljaran.
3.Mengembangkan Media dan Sumber Pelajaran
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menghasilkan suatu karya yang berkaitan dengan materi yang dipelajari.Hail karya tersebut bisa dimanfaatkan sebagai sumber belajar.
4.Melakukan Proyek
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat dalam suatu proyek khusus atau mempersiapkan suatu laporan khusus.
5.Memberikan Permainan,Masalah atau Kompetisi Antarsiswa
Guru dapat memberikan tugas kepada siswa untuk memecahkan suatu masalah atau permainan yang berkaitan dengan materi pelajaran.
C.Faktor-faktor yang Harus Diperhatikan dalam Melaksanakan Kegiatan Pengayaan
Faktor Siswa
Perbedaan factor minat dan factor psikologis siswa yang berbeda akan mempengaruhi kegiatan pengayaan yang dilakukan oleh guru.Apakah kegiatan pengayaan yang dilakukan sesuain atau tidak nya terhadap perbedaan minat dan psikologis siswa.
2.Faktor Manfaat Edukatif
Memberikan kesempatan kepada siswa berkembang secara optimal maka kegiatan pengayaan harus memberikan manfaat bagi siswa dimana pengetahuan/keterampilan bahkan nilai/sikap yang dimiliki siswa akan semakin meningkat.
3.Faktor Waktu
Sesuai dengan perbedaan individu yang dimiliki masing-masing siswa,kelebihan waktu yang dimiliki masing-masing siswa akan berbeda satu sama lain
Daftar Rujukan
Sri Anita.2008.Strategi Pembelajaran.Jakarta : Universitas Terbuka
Komentar
Posting Komentar