Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Mengajar II dalam Pembelajaran di SD
1.Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran
a.Pengertian dan Tujuan
Secara umum dapat dikatakan bahwa keterampilan membuka pelajaran adalah keterampilan yang berkaitan dengan usaha guru dalam memenuhi kegiata pembelajaran,sedangaan keterampilan menutup pelajaran adalah keterampilan yang berkaitan dengan usaha guru dalam mengakhiri pelajaran.
Kegiatan membuka dan menutup pelajaran dapat terjadi beberapa kali selama kegiatan pembelajaran berlangsung,yaitu pada awal dan akhir pembahasan setiap topik guru dapat melakukan kegiatan pembuka dan mentup oelajaran.
Tujuan yang ingin dicapai dengan menerapkan keterampilan membuka pelajaran adalah :
Menyiapkan mental siswa untuk memasuki kegiatan inti pelajaran.
Membangkitkn motivasi dan perhatian siswa dalam mengikuti pelajaran.
Memberikan gambaran yang jelas tentang batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa.
Menyadarkan siswa akan hubungan antara pengalaman /nahan yang sudah dimilki/diketahui dengan yang akan dipelajarai.
Memberikan gambaran tentang pendekatan atau kegiatan yang akan diterapkan atau dilaksanakan dalam kegiata belajar.
Tujuan yang ingin dicapai dengan menerapkan keteramplan menutup pelajaran adalah :
Memantapkan pemahaman siswa terhadap kegiatan belajaryang telah berlangsung.
Mengetahui keberhasilan siswa dan guru dalam kegiatan pembelajaran yang telah dijalani.
Memberikan tindak lanjut untuk mengembangkan kemampuan yang baru saja dikuasi.
b.Komponen Keterampilan Membuka dan Menutup Pelajaran.
1.Membuka pelajaran
Kegiata membuka pelajaran udapat dilakukan pada setiap awal penggal kegiatan.Kompen keterampilan yang perlu dikuasi gurudalam membuka pelajaran adalah sebagai berikut :
Menarik perhatian siswa
Memvariasikan gaya mengajar guru
Menggunakan alat-alat bantu mengajar yang dapat menarik perhatian siswa
Penggunaan pola interaksi yang bervariasi
Menimbulkan motivasi
Sikap hangat dan antusisas
Menimbulkan rasa ingin tahu
Mengemukakan ide yang bertentangan
Memperhatikan minat siswa
Memberi acuan
Mengemukakan tujuan dan batas-batas tugas
Menyarankan langakh-langkah yang akan dilakukan
Mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas
Mengajukan pertanyaan-pertanyaan
Membuat kaitan
2.Menutup Pelajaran
Meninjau Kembali
Merangkum inti pelajaran
Membuat ringkasan
Menilai
Tanya –jawab secara lisan
Mendemonstrasikan keterampilan
Menyatakan pendapat tentang masalah yang dibahas
Mengaplikasikan ide baru
Memberikan soal-soal tertulis yang dikerjakan oleh siswa secara tertulis pula.
c.Prinsip Penggunaan
Bermakna
Relevan dengan materi yang akan dibahas dan sesuai dengan karakteristik siswa.sehingga mampu mencapai tujuan yang diinginkan seperti menarik perhatian,meningkatkan motivasi,member acuan,membuat kaitan mereviu atau menilai.
Berurutan dan Berkesinambungan
Membuka dan menutup pelajaran merupakan bagian yang utuh dari kegiatan pembelajaran,dan bukan merupakan kegiatan yang lepas-lepas dan berdiri sendiri.
2.Keterampilam Membimbing Diskusi Kelompok Kecil
a.Pengertian
Melibatkan kelompok,yang anggotanya berkisar anatar 3-9,berlangsung situasi tatap muka yang informal,mempunyai tujuan yang mengikat anngota kelompok sehingga terjadi kerja sama untuk mencapainya,berlangsung menurut peoses yang teratur dan sistematis.
b.Komponen Keterampilan Membimbing Diskusi Kelomopok Kecil
1.Memusatkan Perhatian
a) Merumuskan tujuan pada awal diskusi
b) Menyatakan dengan tegas masalah yang khusus yang dibahas
c) Menandai terjadinya perubahan yang tidak relevan
d) Membuat rangkuman
2.Memperjelas Masalah atau Uraian Pendapat
a) Merangkum gagasan yang dikemukakan
b) Meminta komentar siswa
c) Memberi informasoi tambahan
3.Menganalisi Pandangan
a) Menganalisis pandangan siwa
b) Menguraikan inti gagasan
4.Meningkatkan Urunan
a) Mengajukan pertanyaan kunci
b) Memberikan contoh yang tepat
c) Mengajukan pertanyaan yang mengundang banyak pendapat
d) Memberikan waktu yang cukup untuk berpikir
e) Memberikan dukungan terhadap uraian yang dikemukakan siswa
5.Menyebarkan Kesempatan Berpartisipasi
a) Memancing urunan siswa yang enggan berpartisipasi
b) Mencegah terjadinya pembicaraan serentak
c) Mencegah terjadinya monopoli oleh siswa
d) Mendorong terjadinya interaksi antarsiswa
e) Meminta persetujuan siswa untuk melanjutkan diskusi
6.Menutup Diskusi
a) Membuat rangkuman
b) Menilai proses dan hasil diskusi
c.Prinsip Penggunaan
1.Diskusi dapat dilaksanakan dalam semua pembelajaran bidang studi
2.Topik yang dibahas harus dipecahkan oleh orang bnayak
3.Diskusi kelompok di SD masih memerlukan bantuan guru dalam membimbingnya
4.Diskusi harus berlangsung di iklim terbuka
5.Guru membuat perencanaan dan persiapan
6.Diskusi harus dimanfaatkan secara maksimal
3.Keterampilan Mengelola Kelas
a.Pengertian
Pengelolaan merupakan kegiatan pengaturan kelas,untuk kepentingan pengajaran dan mempertahankan ketertiban kelas.
b.Kegiatan Pengelolaan dan Kegiatan Instruksional
Kegiatan pengelolaan adalah kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan ,memelihara atau mengembalikan kondisi yang memungkinkan terjadinya kegiatan pembelajaran yang efektif.Sedangakan kegiatan instruksional adalah kegiatan yang diarahakn untuk membantu siswa menguasi kemampuan yang diharapkan seperti memberika penjelasan,mendiagnosis kesulitan belajar,membimbing diskusi kelompok atau menyusun lembaran kerja.
c.Komponen-komponen Keterampilan
1.Keterampilan yang bersifat preventif
a) Menunjukkan sikap tanggap
Memandang secara saksama
Gerak mendekati
Memberiksn pernyataan
Memberikan reaksi
b) Membagi perhatian
Secara verbal
Secara visual
c) Memusatkan perhatian kelompok
Menyiagakan siswa
Menuntut tanggung jawab siswa
d) Memberikan petunjuk yang jelas
e) Menegur
f) Memberi penguatan
2.Keterampiln yang bersifat Reseptif
a) Memodifikasi tingkah laku
b) Pengelolaan kelompok
4.Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan
a.Pengertian
Mengajar kelompok kecil dan perorangan terjadi dalam konteks klasikal.Dalam konteks ini siswa tidak terus menerus belajardalam kelompok kecil atau secara perorangan.Dengan demikian,para siswa akan mengalamai kegiata belajar secara klasikal,kelompok kecil dan perorangan sesuai dengan hakikat topic yang sedang dipelajari dan tujuan yang dicapai.
b.Komponen Keterampilan
1.Keterampilan Mengadakan Pendekatan secara Pribadi
Menunjukkan kehangatan dan kepekaan terhadap kebutuhan siswa
Mendengarkan secara simpatik gagasan yang dikemukakan siswa
Memberikan respons positif terhadap pendapat yang dikemukakan siswa
Membangun hubungan saling mempercayai
Menunjukkan kesiapan untuk membantu siswa
Menerima perasaan siswa dengan penuh pengertian dan keterbukaan
Berusaha mengendalikan situasi
2.Keterampilan Mengorganisasikan Kegiatan Pembelajaran
Memberikan orientasi umum
Memvariasikan kegiatan
Membentuk kelompok
Mengkoordinasikan kegiatan
Membagi-bagi perhatian
Mengakhiri kegiatan
3.Keterampilan Membimbing dan Memudahkan Belajar
Memberikan penguatan
Mengembangkan supervise proses awal
Mengadakan supervise proses lanjut
Melakukan supervisi pemaduan
4.Keterampilan Merencanakan dan Melakukan Kegiatan Pembelajaran
Membantu siswa menerapkan tujuan pelajaran
Membuat rencana kegiatan belajar bersama siswa
Berperan dan bertindak sebagai penasihat bagi siswa
Membantu siswa menilai pencapaian dan kemajuannya
Daftar Pustaka
Sri Anita.2008.Strategi Pembelajaran.Jakarta : Universitas terbuka.
Wina Sanjaya.2006.Jakarta : Kencana
Komentar
Posting Komentar