MENGAPLIKASIKAN PENGELOLAAN KELAS


1.Hakikat Pengelolaan Kelas
A.Pengertian Pengelolaan Kelas
Pengelolaan kelas adalah salah satu tugas guru yang tidak pernah ditinggalkan.Guru selalu mengelola kelas ketika dia melaksanakan tugasnya.Pengelolaaan kelas dimaksudkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif  bagi anak didik sehingga tercapai tujuan pengajaran secara efektif da efisien.Ketika kelas terganggu,guru berusaha mengembalikannya agar tidak menjadi penghalang bagi proses belajar mengajar.
B.Tujuan Pengelolaan Kelas
Secara umum tujuan pengelolaan kelas kelas adalah penyediaan fasilitas bagi macam-macam kegiatan belajar siswa dalam lingkungan sosial,emosional,dan intelektual dalam kelas.Fasilitas yang disediakan itu memungkinkan siswa belajar dan bekerja,terciptanya suasana sosial yang memberikan kepuasan,suasana disiplin,perkembangan intelektual,emosional dan sikap apresiasi pada siswa ( Sudirman N, 1991,311 )
C.Berbagai Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas
Pendekatan Kekuasaan
Peranan guru disini adalah menciptakan dan mempertahankan situasi dalam kelas.Kedisiplinan adalah kekuatan yang menuntut kepada peserta didik untuk menaatinya.
Pendekatan Ancaman
Mengatur tingkah laku anak didik dengan cara melarang,ejekan,sindiran dan memaksa.
Pendekatan Kebebasam
Membantu anak didik agar merasa bebas untuk mengerjakan sesuatu kapan saja dan dimana saja

D.Prinsip-prinsip Pengelolaan Kelas
 Hangat dan Antusias
Guru yang hangat dan akrab dengan anak didik selalu menunjukkan antusias pada tugasnya atau pada aktivitasnya akan berhasil dalam mengimplementasikan pengelolaan kelas.
Tantangan
Penggunaan kata-kata,tindakan,cara kerja atau bahan-bahan menantang akan meningkatkan gairah ana didik untuk belajar sehingga mengurangi kemungkinan munculnya tingkah laku yang menyimpang.
Bervariasi
Penggunaan alat media,alat bantu,gaya mengajar guru,pola interaksi guru dengan anak didikakan mengurangi munculnya gangguan,meningkatkan perhatian anak didik.
Keluwesan
Keluwesan tingkah laku guru untuk mengubah strategi mengajarnya dapat mencegah kemungkinan munculnya gangguan anak didik serta menciptakan iklim belajar mengajar yang efektif.
Penekanan pada Hal-hal yang Positif
Penekanan yang dilakukan guru terhadap tingkah laku anak didik yang positif dari pada mengomeli tingkah laku yang negative.
Penanaman Disiplin Diri
Guru sendiri hendaknya menjadi teladan mengenai pengendalian diri dan dan pelaksanaan tanggung jawab.Guru harus disiplin dalam segala hal bila ingin anak didiknya ikut disiplin dalam segala hal.
E.Komponen-komponen Keterampilan Pengelolaan Kelas
 Keterampilan yang Berhubungan dengan Penciptaan dan Pemeliharaan Kondisi Belajar yang Optimal
Keterampilan ini berhubungan dengan kompetensi guru dalam mengambil inisiatif dan mengendalikan pelajaran serta aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan keterampilan :
Sikap Tanggap
Komponen ini ditunjukkan oleh guru bahwa ia hadir bersama mereka.Guru tahu kegiatan mereka,tahu apa yang mereka kerjakan.Seolah-olah mata guru ada dibelakang kepala,sehingga guru dapat menegur anak didik walaupun guru sedang menulis di papan tulis.caranya yaitu :
Memandang secara seksama
Gerak mendekati
Memberi pernyataan
Memberi reaksi terhadap gangguan dan ketakacuhan
Membagi Perhatian
Dilakukan dengan cara :
Visual
Verbal
Pemusatan Perhatian Kelompok
Guru ,engambil inisiatif dan mempertahankan perhatian anak didik dan memberitahukan bahwa ia bekerjasama dengan kelompok yang terdiri dari tiga sampai empat orang.
Caranya :
Memberi tanda
Pertanggungan jawaban
Pengarahan dan petunjuk yang jelas
Penghentian
Penguatan
Kelancaran
Kecepatan
Keterampilan yang Berhubungan dengan Pengembangan Kondisi Belajar yang Optimal
Keterampilan ini berkaitan dengan tanggapan guru terhadap gangguan anak didik yang berkrlanjutan dengan maksud agar guru dapat mengadakan tindakan remedial untuk mengembalikan kondisi belajar yang optimal.Caranya :
Modifikasi Tingkah Laku
Pendekatan Pemecahan Masalah
Menemukan dan memecahkan Tingkah Laku yang Menimbulkan Masalah
2.Penataan Lingkungan Kelas
Agar tercipta suasana belajar yang menggairahkan,perlu diperhatikan pengaturan/penataan ruang kelas/belajar.Penyusunan dan pengaturan ruang belajar hendaknya memungkinkan anak duduk berkelompok dan memudahkan guru bergerak secara leluasa untuk membantu siswa dalam belajar.Dalam pengaturan ruang belajar hal-hal yang perlu diperhatikan :
Ukuran dan bentuk kelas
Bentuk serta ukuran bangku dan meja siswa
Jumlah siswa dalam kelas
Jumlah siswa dalam setiap kelompok
Jumlah kelompok dalam kelas
Komposisi siswa dalam kelompok ( siswa pandai dengan siswa kurang pandai,pria dan wanita )
A.Ruang Tempat Duduk
Dalam belajar siswa memerlukan tempat duduk.Tempat duduk mempengaruhi siswa dalam belajar.Bila tempat duduknya bagus,tidak terlalu rendah,tidak terlalu besar,bundar,persegi empat panjang,sesuai dengan keadaan tubuh siswa,maka siswa akan dapat belajar dengan tenang.
Sebaiknya tempat duduk siswa itu ukurannya jangan terlalu besar agar mudah diuabh-ubah formasinya.
     B.Pengaturan Alat-alat Pengajaran
Alat-alat Peraga Media Pengajaran
Alat peraga atau media pengajaran semestinya diletakkan di kelas agar memudahkan dalam penggunaannya.
Pengaturannya bersama-sama siswa
Papapm Tulis dan lain-lain
Ukurannya disesuaikan
Warnanya harus kontras
Penempatannya memperlihatkan estetika dan terjangkau oleh semua siswa
     C.Penataan Keindahan dan Kebersihan Kelas
Hiasan Dinding ( Pajangan Kelas ) hendaknya dimanfaatkan untuk kepentingan pengajaran,misalnya :
Burung Garuda
Teks Proklamasi
Slogan Pendidikan
Para Pahlawan
Peta/globe
Pemeliharaan Kebersihan
Siswa bergiliran untuk membersihkan kelas
Guru memeriksa kebersihan dan ketertiban dikelas
      D.Ventilasi dan Tata Cahaya
 Ada ventalasi yang sesuai dengan ruangan Kelas
Sebaiknya tidak merokok
Pengaturan cahaya perlu diperhatikan
Cahaya yang masuk harus cukup
Masuknya dari arah kiri,jangan berlawanan dengan bagian depan.
       Daftar Pustaka
Djamarah , syaiful Bahri.2013.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta : Rineka Cipta

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kegiatan Pra Pembelajaran dan Kegiatan Awal Pembelajaran

Konsep Dan Prinsip Belajar Dan Pembelajaran

HAKIKAT DISIPLIN KELAS