PERENCANAAN PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF
- Pengertian Perencanaan Pembelajaran
Istilah pengajaran menurut beberapa pendaapat terlalu mengarah pada aktivitas guru dalam kegiatan belajar mengajar, padahal tuntutan itu dalam proses pembeajaran harus lebih banyak ditekankan pada aktivitas siswa. Perencanaan pembelajaran dapat diartikan sebagai suatu rangkaian yang saling berhubungan dan saling menunjang antara berbagai unsur atau komponen yang ada didalam pembelajaran atau dengan pengertian lain, yaitu suatu proses mengatur, mengkoordinasikan, dan menetapkan unsur-unsur atau komponen-kompnen pembelajaran.
- Komponen Perencanaan Pembelajaran
Prisnp dasar dalam pengembangan pembelajaran mengikuti empat komponen ssebagai berikut:
1. Tujuan atau kompetensi pembelajaran
2. Isi materi pembelajaran
3. Strategi pelaksanaan
4. Penilaian yang akan digunakan.
Komponen-komponen itu tidak berdiri sendiri, saling berhubungan satu sama lainnya sehingga membentuk satu kesatuan atau totalitas dan berkaitan dengan bagaimana menata dan mengatur keempat komponen tersebut agar satu sama lain saling berhubungan.
- Prinsip Perencanaan Pembelajaran
Perencanaan pembelajaran merupakan kurikulum secara mikro yang mengembangkan tujuan atau kopetensi, materi atau isi , kegiatan belajar dan alat evaluasi yang digunakan. Adapun prinsip-prinsip perencanaan pembelajarabn sebagai beikut:
1. Harus berdasarkan kondisi siswa
2. Harus berdasarkan kurikulum yang berlaku
3. Harus mempeerhitungkan waktu yang tersedia
4. Perlu dilengkapi dengan lembaran kerja atau tugas
5. Merupakan urutan kegiatan belajar mengajar yang sistematis
6. Bersifat pleksibel
7. Harus berdasarkan pada pendekatan sistem yang mengutamakan keterpaduan.
- Prosedur Perencaan Pembelajaran
1. Penyusunan Silabus
Silabus merupakan produk pertama dari pengembangan kurikulum sebagai suatu rencana tertulis yang harus memiliki keterkaitan dengan produk pengembangan kurikulum lainny, yaitu proses pembelajara. Silabus pada dasarnya merupakan program yang bersifat makro yang harus dijabar lagi kedalam program-program pembelajaran yang lebih terperinci, yaitu satuan atau rencana pembelajaran.
2. Penyusunan Rencana atau Satuan Pembelajaran
Unsur-unsur pokok yang terkandung dalam rencana atau satuan pembelajaran meliputi:
a. Identitas mata pelajaran
b. Kopetensi dasar beserta uraiannya
c. Materi pokok beserta uraiannya
d. Strategi pembelajaran
e. Alat dan media yang digunakan
f. Penilaian dan tindak lanjut.
PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF
- Hakikat Pembelajaran yang Efektif
Pembelajaraan pembelajaran berkenaan dengan keputusan yang diambil guru dalam mengorganisasikan, mengimplementasikan dan mengevaluasi hasil pembelajaran. Perencanaan merupakan tugas yang sangat penting dilakukan oleh seorang guru. Efektivitas pembelajaran pastinya dipengaruhi oleh perencaan guru. Oleh karena itu, perencanaan membantu menciptakan, mengelola dan mengorganisasi peristiwa-peristiwa pembelajaran yang memingkinkan kegiatan belajar terkadi.
- Faktor-faktor yang Berkaitan dengan Kegiatan Pembelajaran
1. Isi (Content) pelajaran
Berkaitan dengan pengetahuan, keterampilan, aturan dan konsep atau proses kreatif yang akan dipelajari.
2. Bahan
Berwujud tlisan, bentuk tulisan, bentuk fisik dan stimulisvisual yang digunakan dalam pembelajaran.
3. Strategi pembelajaran
Strategi yang digunakan untuk mengajarkan isi pembelajaran merupakan perencanaan sentral guru.
4. Perilaku guru
Guru melakukan sejumlah kegiatan selama proses pembelajaran berlangsung dan membantu pelajar dalam kegiatan belajar.
5. Menstruksturkan pelajaran
Menyusun pelajaran berkaitan dengan kegiatan yang terjadi pada saat tertentu.
- Karakterisstik Guru
1. Banyaknya pengalaman mengajar guru akan mempengaruhi keputusan perencanaan
2. Pilosofi belajar mengajar
3. Pengetahuan guru tentang isi pelajaran
4. Gaya guru dalam mengorganisasikan pembelajaran
5. Harapan-harapan menata kelas
6. Perasaan aman dan kontrol pembelajaran memainkan peran
- Guru yang Efektif
1. Melakukan review harian
2. Menyiapkan materi baru
3. Melakukan praktek terbimbing
4. Menyediakan balikan dan koreksi
5. Melaksanakan praktek mandiri
6. Review mingguan dan bulanan
- Pendekatan Pembelajaran yang Erfektif
Adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada pelajar, yaitu pembelajaran tidak lagi berpusat pada guru, melainkan berpusat pada pembelajar.
1. Belajar Mandiri
Pentingnya belajar mandiri mungkin tidak diapresiasikan sepenuhnya oleh waktu yang digunakan, tidak di jadwal secara penuh dalam satu kurikulum melainkan harus dikerjakan oleh pelajar itu sendiri. Adapun manfaat belajar mandiri:
a. Belajar aktif
b. Kebutuhan individual pebelajar
c. Motivasi pebelajar
d. Peranan pengajar
2. Pembelajaran Terpadu
Keterpaduan antara kegiatan membaca,menulis, menyimak dan berbicara. Pembelajaran terpadu diartikan sebagai metode mngorganisasian isi pembelajaran yang dilakukan guru dengan cara memadukan beberapa mata pelajaran. Kelebihan pembelajaran terpadu yaitu :
a. Memberikan gambaran hubungan antar pengetahuan
b. Mempermudah belajar secara terpadu
c. Memungkinkan kesatuan penyajian suatu problem
d. Meminimalkan diksi konsep-konsep
e. Menhindari pergaulan dalam kurikulum
f. Mempermudah kerjasama antar disiplin
g. Memotivasi belajar.
3. Belajar Berbasis Masalah
Merupakan belajar yang berpusat pada pebelajar dan juga menggambarkan metode belajar inti atau suplement pembelajaran. Prinsinya sama dengan pembelajaran terpadu, namun pembelajaran terpadu mendasarkan pada tema sedangkan BBM berdasaarkan masalah.
DAFTAR PUSTAKA
Sri Anitah (2007). Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Nasution, S. (1982). Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bima Aksara.
Komentar
Posting Komentar